HEMAT DAN CERDAS YUK


Kamis, 12 Februari 2009

Menstruasi Itu Nikmat…Benarkah?

By: ShE-CoM

Menstruasi adalah pengeluaran darah dan sel-sel tubuh dari vagina yang berasal dari dinding rahim wanita. Menstruasi dimulai saat pubertas dan menandai kemampuan seorang wanita untuk hamil serta melahirkan anak walaupun sebenarnya masíh rentan terhadap resiko. Menstruasi biasanya dimulai antara umur 10-16 tahun, tergantung dari berbagai faktor misalnya status gizi, berat badan, tinggi badan, dan kesehatan wanita.

Panjang rata-rata daur menstruasi sekitar 28 hari, walaupun hal ini tidak berlaku sama pada setiap wanita, terkadang siklus terjadi berkisar antara 21 hingga 35 hari tergantung pada berbagai hal termasuk kesehatan fisik, emosi, dan nutrisi wanita tersebut. Dan proses pengeluaran darah haid biasanya berlangsung antara 3-7 hari.

Proses penerimaan terhadap menstruasi pada masing-masing individu berbeda. Wanita yang tidak mengenal tubuh mereka dan proses reproduksi dapat mengira bahwa menstruasi merupakan bukti adanya penyakit atau bahkan hukuman dari tingkah laku mereka yang buruk. Mereka yang tidak diajari untuk menganggap menstruasi sebagai fungsi tubuh yang normal, dapat mengalami rasa malu dan perasaan kotor saat menstruasi pertama mereka. Bahkan saat menstruasi diketahui sebagai proses yang normal, perasaan kotor bisa tinggal sampai dewasa. Tapi banyak juga wanita yang menganggap menstruasi sebagai proses yang alamiah dan hanya terjadi pada wanita.

Meskipun begitu, banyak wanita yang mengalami ketidaknyamanan selama beberapa hari menjelang menstruasi datang. Kira-kira setengah dari seluruh wanita menderita akibat dismenore atau nyeri pada saat menstruasi. Gejala-gejala dari dismenore misalnya payudara nyeri dan bengkak, serta mudah tersinggung. Beberapa wanita mengalami gangguan yang cukup berat seperti kram, sakit kepala, gelisah, letih, dan ingin menangis. Dalam bentuk yang paling berat, sering menyebabkan depresi dan kemarahan.

Sikap terhadap menstruasi berbeda pada setiap masyarakat. Ada masyarakat yang memandang wanita yang sedang mengalami menstruasi itu kotor dan tercemar sehingga tidak mengikutsertakan mereka dalam kegiatan-kegiatan karena takut akan ikut tercemar. Namun masyarakat lain menganggap bahwa menstruasi sebagai fungsi tubuh normal dan tidak menghukum atau menghalangi wanita saat mereka mengalaminya. (110 8)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar