HEMAT DAN CERDAS YUK


Kamis, 12 Februari 2009

ANAK IBU ATAU ANAK SAPI??

By: Ika Zulfia

Di masyarakat kita sekarang ini sudah mulai banyak yang sadar akan pentingnya ASI (Air Susu Ibu). Tapi masih banyak juga masyarakat yang tetap memberikan susu formula/susu sapi pada bayinya. Bagi mereka yang belum sadar dan belum tahu tentang manfaat ASI bagi bayinya lebih mengunggulkan gengsi, karena dengan memberikan susu formula/susu sapi pada bayinya maka masyarakat di sekitar tahu bahwa keluarga tersebut mampu membeli susu formula/susu sapi yang harganya mahal dibanding ASI yang tanpa harus membeli.

Pernahkah kita berpikir kalau bayi yang diberi susu formula/susu sapi itu anak ibu atau anak sapi? Kalau anak ibu kenapa harus diberi susu formula/susu sapi sementara ibunya sendiri mampu memberikan ASI kepada bayinya. Tapi kalau anak sapi, ya jelas bukan, karena sudah jelas lahir lahr dari seorang ibu yaitu manusia.

Pada sumber-sumber buku yang telah ada dan kenyataan di masyarakat, jelas sekali manfaat dari ASI lebih besar dibandingkan susu formula atau susu sapi. ASI mengandung bahan-bahan yang sesuai untuk bayi, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. ASI dapat meningkatkan kecerdasan anak, sebagai antibodi (mencegah anak dari sakit), mudah diserap, tidak menimbulkan kerusakan gigi pada anak. Tapi coba kita lihat, banyak sekali bayi yang diare akibat susu formula/susu sapi, hal tersebut karena kandungan bahan-bahan di dalam susu formula/susu sapi tidak sesuai dengan bayi. Selain diare bayi juga bisa menjadi kuning dan bisa menimbulkan kerusakan gigi pada anak.

Agar ibu bisa memberikan ASI pada bayinya terutama pada 6 bulan pertama, maka diperlukan juga dukungan dari keluarga. Karena dengan keluarga mendukung ibu untuk menyusui bayinya maka dapat menimbulkan rasa percaya diri pada ibu bahwa ibu mampu memberikan ASI pada bayinya dan hal tersebut merupakan yang terbaik bagi dirinya. Dukungan tidak hanya dari motivasi tapi dapat juga memberikan dukungan fisik pada ibu berupa menyediakan makan-makanan yang bergizi terutama sayur-sayuran karena dapat membantu meningkatkan produksi ASI.

Bagi Anda yang bekerja, tidak usah khawatir karena sekarang ini tersedia alat untuk memompa payudara untuk membantu mengeluarkan ASI. Jadi meskipun anda di tempat kerja anda bisa memompa ASI setiap ada jam kosong atau waktu istirahat. Dan nantinya ASI tersebut bisa diberikan pada bayi anda sepulang kerja. Tapi perlu diingat sebelum anda bekerja terlebih dahulu susui bayi anda dan tinggalkan persediaan ASI di kulkas. Jadi meskipun anda bekerja, masih bisakan memberikan ASI pada bayi anda.

Setelah kita mengetahui manfaat dari ASI dan cara memberikan ASI meskipun anda bekerja, apakah anda masih akan memberikan susu formula/susu sapi pada bayi anda?? Apa kata dunia??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar