HEMAT DAN CERDAS YUK


Kamis, 12 Februari 2009

MENGENALI TANDA-TANDA PERSALINAN

By: Yarokhim

Kehamilan dan persalinan adalah suatu peristiwa normal, bukan suatu penyakit yang harus dihindari sehingga menimbulkan ketakutan.

Persalinan normal merupakan proses alami yang dialami oleh setiap wanita hamil cukup bulan dengan kehamilan normal. Proses persalinan ini memerlukan persiapan yang baik. Yang sebenarnya sudah harus dimulai sebelum seorang wanita hamil.

Rata-rata usia kehamilan normal adalah 9 bulan 10 hari. Meskipun dokter/ bidan bisa menghitung usia kehamilan dan memperkirakan tanggal kelahiran, namun sampai sekarang, kita semua tidak tahu kapan tepatnya bayi akan lahir. Namun, sebenarnya ada beberapa tanda yang mengawali proses persalinan yaitu dengan catatan kehamilannya berjalan normal dan sehat. Agar bisa melewati sekaligus menikmati saat-saat menjelang kelahiran, sebaiknya diketahui tanda-tanda awal persalinan.

Biasanya, persalinan segera akan tiba ditandai dengan adanya kenceng-kenceng/rasa mules pada perut yang menjalar sampai ke pinggang. Kenceng-kenceng ini pada awalnya berlangsung tidak terlalu lama dengan jarak waktu kenceng-kenceng yang panjang, misalnya satu jam sekali. Semakin lama, kenceng-kenceng yang datang akan terasa kuat dan sering serta lebih lama. Jarak antara kenceng-kenceng pertama ke kenceng-kenceng berikutnya semakin pendek. Tanda selanjutnya yaitu akan keluar lendir bercampur dengan sedikit darah. Kemudian semakin dekat proses kelahiran, kantung ketuban juga akan pecah dan mengeluarkan cairan ketuban/ kawah yang berwarna jernih/kadang keruh. Jika kawah sudah keluar, bayi harus segera dilahirkan.

Jadi, jika seorang ibu hamil yang mengalami tanda-tanda persalinan tersebut, maka harus segera menghubungi tenaga kesehatan, baik bidan/dokter spesialis kandungan.

(Dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar