HEMAT DAN CERDAS YUK


Kamis, 12 Februari 2009

Gizi Anda Selama Hamil

By: siti maesaroh

Anda tentu memiliki pengalaman yang berbeda selama hamil. Ada yang bisa menyesuaikan diri, ada juga yang kesulitan dalam menghadapi perubahan-perubahan yang terjadi selama kehamilan. Semakin tua umur kehamilan Anda, semakin banyak pula perubahan yang akan Anda alami. Untuk menghadapi hal tersebut Anda dituntut untuk memiliki tubuh yang sehat. Salah satu caranya adalah dengan makan makanan bergizi. Tentu istilah tersebut sering Anda dengar. Tetapi taukah Anda berapa banyak kebutuhan gizi yang Anda perlukan selama hamil? Mari kita cari tahu !

Bagi sebagian orang mungkin memiliki kepercayaan untuk menghindari makanan tertentu selama hamil atau biasa kita sebut berpantang makanan. Biasanya hal itu dikaitkan dengan mitos-mitos selama hamil, misalnya selama hamil Anda dilarang makan cumi-cumi karena khawatir anak yang Anda lahirkan berkulit hitam. Mungkin ada juga yang ingin tetap menjaga kelangsingan dengan diet selama hamil (hmm artis kali ya…?). Padahal kita tahu selama hamil makanan yang kita makan juga digunakan untuk pertumbuhan janin.

Menurut commitee on nutritional status during pregnancy, kenaikan berat badan ibu hamil antara 11,25-15,75kg akan melahirkan bayi yang paling sehat. Pertimbangannya, kenaikan berat badan ibu berhubungan langsung dengan bayi yang sehat. Jadi bayi baru lahir yang memiliki berat antara 2,5-4kg lebih sehat dan lebih baik daripada bayi yang lahir dengan berat badan kurang dari 2,5kg. Jadi tidak ada alasan bagi Anda untuk diet selama hamil hanya karena ingin tetap langsing. Tapi bukan berarti pula Anda diperbolehkan makan terlalu banyak, karena jika makan terlalu banyak akan berisiko melahirkan bayi besar sehingga menyulitkan persalinan. Yang terbaik adalah makan dalam jumlah sedang.

Dalam buku ”Awal menjadi Ibu” yang ditulis oleh Connie marshall menyebutkan bahwa penambahan berat badan lebih dari 2.9kg dalam sebulan selama hamil adalah banyak, sedangkan jika kurang dari 0.22kg dalam satu bulan sesudah umur kehamilan 3bulan adalah terlalu sedikit. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk tahu takaran gizi yang sesuai selama hamil.

Para ahli gizi mengemukakan bahwa makanan ibu hamil tiap hari dalam satu porsi harus mengandung 1/5nya adalah protein(kacang-kacangan, tempe, tahu, telur, ikan, dll), 1/3nya adalah lemak(hati, daging, minyak sayur, kacang tanah, dll),dan 1/2nya adalah karbohidrat(nasi, roti, jagung, kentang, sagu, dll). Untuk melengkapi makanan Anda, bisa ditambahkan buah dan susu. Namun perlu dihindari makan-makanan yang mengandung zat pengawet, pewarna, pemanis buatan, serta makanan yang mengandung penyedap rasa karena bisa membahayakan pertumbuhan janin Anda. Dengan berpedoman pada hal tersebut, Anda bisa mengatur sendiri makanan apa yang akan Anda makan tiap harinya. Tentu saja disesuaikan dengan kebutuhan gizi dan pendapatan Anda.

Kehamilan mungkin akan menjadi waktu yang tepat bagi Anda untuk bisa menilai kebiasaan makan Anda setiap harinya. Dan masa ini bisa menjadi awal bagi Anda untuk bisa hidup lebih sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar